Llogo

Logo

Kegiatan Mahasiswa Pers Universitas Borneo Tarakan (UKM Pers UBT) merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang jurnalistik. Secara historis, UKM Pers hadir sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam bidang jurnalistik, dengan tujuan mewujudkan kehidupan pers mahasiswa yang bebas, independen, dan profesional, serta ajang pendidikan pers yang akan menjadi cerminan kehidupan demokrasi. Oleh karena itu, pada tanggal 31 Mei 2008 didirikanlah sebuah organisasi pers untuk mahasiswa Universitas Borneo Tarakan. Pendiri UKM Pers UBT adalah Suriana, Leni Yuliana, dan Sri Pujiastati. Mereka bertiga merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan. UKM Pers UBT memiliki terbitan buletin dan majalah dengan nama LENSA BORNEO.

Pada awal perjalanannya UKM Pers mengalami berbagai kendala, namun dengan usaha akhirnya lahirlah LENSA BORNEO. Dengan mengusung idealisme sebagai terbitan yang memberikan kehangatan pada lingkungan di sekitarnya memberi pencerahan – dengan cahaya fokus analitis- dan menyimpan penyulut bagi sebuah gerak api semangat. Dinamika LENSA BORNEO terus berjalan dan LENSA BORNEO tetap terang terus berpijar dengan menerbitkan sebuah jurnal yang mengangkat wacana-wacana seputar kampus dengan berbagai macam sudut pandang.

Berdasarkan panorama yang pernah tertoreh pada kanvas kesejarahan yang memukau, UKM Pers seakan memiliki tanggung jawab sejarah untuk terus berpijar. Walaupun terkena imbas pasang surut ombak permasalahan yang kerap kali melanda sebuah organisasi pers mahasiswa.